teknik memanah cepat dan keahlian pemanah berkuda

Keterampilan Memanah Dengan Cepat, dan Keahlian Dasar Yang Wajib Dimiliki Oleh Pemanah Berkuda

In Uncategorized by Vee2 Comments

Olahraga memanah memang merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ketika beliau masih hidup.

Selain peran insting dan otot yang sangat dibutuhkan ketika hendak melepaskan anak panah dari busurnya.

Ternyata masih banyak lagi loh keahlian yang perlu dipelajari lebih lanjut kalau Anda menginginkan bisa memanah dari atas kuda.

Nah, hal inilah yang akan kami berikan penjelasannya dalam tulisan berikut.

Keahlian Dasar Dalam Olahraga Memanah

Pada zaman dahulu, terdapat sebuah pasukan kaum muslimin yang sangat ahli dalam memanah, tahukah Anda siapa kaum tersebut? Yap, tidak lain adalah pasukan Seljuk.

Suatu ketika pernah dikisahkan bahwa, pasukan pemanah berkuda yang satu ini saking ahlinya dalam memanah, mereka sampai bisa menembakkan 12 anak panah dengan kecepatan yang luar biasa, yakni dalam rentang waktu kurang dari 1 menit.

Kalau untuk akurat atau tidaknya, bisa dibilang pastinya akurat, karena mereka adalah salah satu peasukan memanah terbaik yang pernah ada.

Kalau digambarkan secara verbal, saking cepatnya mereka memanah, ketika anak panah yang pertama sudah sampai pada target yang dituju, disaat yang bersamaan anak panah yang ke-2 sudah berada pada posisi melayang, sementara anak panah ke-3, posisinya sudah siap untuk dilepaskan.

Untuk Anda yang belum mengeatahui, atau baru pernah mendengar saja tentang pasukan Seljuk, berikut ulasan singkatnya tentang pasukan memanah terbaik tersebut.

Ketika pengaruh dari dinasti Abbasiyah sudah mulai menurun dan melemah, kemudian muncul lah sebuah dinasti yang bisa dibilang dapat memberikan dampak pembaruan, dan perbaikan dalam dunia Islam.

Dinasti tersebut, mulai muncul dan berkuasa selama kurang lebih 200 tahun lamanya, lebih tepatnya pada abad ke-11, sampai abad ke-13.

Dinasti yang berkuasa inilah yang bernama Seljuk, dinasti tersebut berasal dari keturunan Seljuk Bin Duqaq, yakni salah seorang pemimpin dari sebuah kabilah Guzz yang berasal dari Turkistan.

Yang mana wilayah kekuasan dari Dinasti Seljuk ini, diantaranya meliputi kawasan Asia tengah, dan kawasan Asia kecil.

Disamping itu, dinasti Seljuk juga terbagi lagi menjadi 5 cabang, beberapa diantaranya adalah:

1. Seljuk Asia Kecil, atau yang biasa dikenal juga dengan sebuatan Ar-rum.
2. Seljuk Irak, atau yang lebih dikenal juga dengan julukan Al-iraq
3. Seljuk Suriah, atau yang umum dikenal juga dengan sebuatan Asy-syam
4. Seljuk Kirman, atau yang biasa dikenal juga dengan julukan al-qawurdiyun
5. Seljuk Iran, atau yang lebih umum dikenal juga dengan sebuatan Seljuk Besar
Nah, dari masing-masing kabilah-kabilah tersebut, juga memiliki daerah kekuasaannya maisng-masing.

Yang mana secara formal, sang Khalifah Abbasiyah dari Baghdad pun telah mengakui pula kekuasaan Sultan Seljuk.

Begitu pula sebaliknya, Sultan Seljuk juga sangat menghormati, dan menjunjung tinggi posisi dari Kekhalifahan Abbasiyah ketika itu.

Kalau ditilas balik dari sejarahnya, salah seorang pendeta Eropa yang lahir di Palestina, yakni bernama William of Tyre.

Ketika itu, mulai dari ia lahir, sampai ketika ia meninggal pun, ia tetap menyaksikan semua kejadian yang terjadi di Palestina.

Ia meriwayatkan bahwa, kecepatan memanah yang dimiliki oleh pasukan Seljuk, bisa dibilang sampai bisa mengubah warna langit menjadi warna hitam, disebabkan karena penuh dengan anak panah yang beterbangan.

Ketika barisan pertama pasukan Seljuk telah melepas anak panahnya, maka barisan yang kedua juga akan langsung menyusulnya dengan tembakan selanjtunya yang amat cepat.

Hal ini tentu sesuai dengan prinsipnya olaharaga memanah, yaitu: Akurat, Cepat, Kuat dan tentunya Selamat. 😀

 

Belajar Power Shooting Dalam Memanah

Dalam refrensi kitab memanah zaman dahulu, yang berasal dari negara timur tengah, yakni Mamluk, Arab, Ottoman Turki dan Persia.

Teknik dari Power Shooting, memiliki pembahasannya tersendiri, dikarenakan tak akan cukup bisa dipahami kalau dibahas hanya sedikit saja..

Selain itu, keahlian yang satu ini wajib dimiliki oleh para pemburu, prajurit, maupun kesatria yang ada pada zaman tersebut.

Karena teknik ini, akan sangat berguna ketika seseorang sedang berada di dalam pertempuran jarak dekat, ataupun yang menengah.

Terlebih, karena kemampuan ini juga dapat membuat busur, layaknya machine gun, karena dapat menembakkan cukup banyak anak panah, hanya dalam waktu yang relatif singkat.

Salah seorang pakar olahraga memanah yang berasal dari Mamluk, yaitu Master Cozmei Mihai, ia mampu melepaskan anak panah dengan kecepatan 1.87/detik, dan tentunya disertai dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Ia mengatakan, akan membutuhkan ketelatenan dan kegigihan dalam berlatih untuk bisa sampai pada titik tersebut.

Diantaranya, urutan teknik yang diperlukan adalah, teknik mengambil anak panah dengan cepat, kemudian memasangnya pada busur, lalu menarik anak panah pada tali busur, dan melepaskannya dengan akurasi yang tepat.

Bisa terbayang? Selamat mencoba. 😀

Comments

  1. Kabar-kabarnya harga peralatannya mahal ya?
    Saya tertarik untuk mengikutkan anak belajar memanah, namun ya itu tadi dengar-dengar peralatannya masih mahal.

    Thanks

  2. Author

    Kalau dibilang mahal sih nggak yah, cuma nggak bisa dibilang murah juga.
    Soalnya olahraga yang satu ini memang worth it untuk dipelajari. 😊

Leave a Comment