teknik memanah

Ragam Teknik dan Cara Berdiri yang Benar Dalam Olahraga Memanah

In Uncategorized by Vee0 Comments

Setiap orang pastinya memiliki hobi dan kesukaan yang berbeda-beda. Baik itu hobi yang berhubungan dengan fisik, maupun yang non fisik.

Hobi yang berhubungan dengan fisik biasanya tidak jauh-jauh dari olahraga, misalnya seperti main bola, badminton, tenis meja, memancing, jogging, memanah, dan masih banyak lagi.

Terkait dengan olahraga, saat ini ada salah satu cabang olahraga yang lagi trending di Indonesia.

Olahraga yang satu ini mulai populer dan dikenal sekitar 4 tahun yang lalu, olahraga tersebut adalah memanah.

Pada awalnya, memanah berasal dari kebiasaan masyarakat zaman dahulu yang memiliki kebiasaan berburu untuk bertahan hidup.

Mereka juga berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari hewan dan buruan yang bisa dijadikan makanan.

Nah, seiring dengan berkembangnya budaya, kebiasaan memanah yang dulunya hanya dilakukan ketika berburu, kini menjadi salah satu cabang olahraga yang disukai oleh berbagai kalangan.

Awal mula memanah dijadikan sebagai cabang olahraga di tahun 1676, atas usulan Raja Charles dari Inggris, dan aktifitas memanah juga dijadikan cabang olahraga yang resmi di kerajaan Inggris.

Sekarang hampir di berbagai daerah di Indonesia, telah ada berbagai komunitas panahan. Dan mereka menyelenggarakan pelatihan memanah untuk kalangan pemula hingga lanjutan.

Bagi kamu yang baru belajar memanah, sebaiknya mencari referensi mengenai teknik memanah yang benar.

Diantaranya ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh pemanah pemula untuk dapat mengenai sasaran ketika memanah.

Karena olahraga memanah bukan hanya kegiatan yang dilakukan untuk membidik sasaran, ada banyak sekali teknik dasar memanah yang mana bila tidak dikuasai, maka dampaknya malah akan membuat bidikannya menjadi tidak tepat sasaran.

Tidak hanya itu, teknik dasar memanah ini tidak akan bisa dikuasai hanya dalam waktu satu hari saja.

Untuk itu, kalau kamu serius ingin mempelajari olahraga memanah, kamu harus meluangkan waktu terlebih dahulu untuk mempelajari teknik dan segala sesuatu yang berkaitan dengan olahraga yang satu ini.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yang digunakan untuk latihan memanah.

Bila ingin praktis dan tidak membutuhkan waktu lama, kamu bisa membeli peralatan memanah di toko olahraga yang menyediakan peralatan memanah.

Membeli peralatan ini tidak mutlak harus dilakukan, kalau kamu ingin hemat, kamu bisa membuat peralatannya sendiri.

Tapi kalau kamu belum pengalaman dalam membuat kerajinan, lebih baik beli saja, karena akan lebih menghemat waktu kamu, dan hasilnya juga sudah berkualitas karena dibuat oleh profesioanl.

Kalau ingin lebih simpel lagi, kamu bisa menyewa peralatan memanah, lebih hemat dan tidak perlu keluar biaya yang besar.

Untuk artikel kali ini kita akan mengulas satu teknik dalam olahraga memanah, yaitu teknik berdiri ketika memanah.

Teknik ini perlu kita pelajari agar posisi bediri kita benar, sehingga bidikan yang kita arahkan nantinya tepat sasaran.

Ada beberapa teknik berdiri ketika memanah yang bisa kita pelajari.

Namun, kali ini kita akan fokus pada teknik yang dilakukan oleh pemanah Daulah Islamiyah di Timur Tengah.

Berikut teknik dan cara berdiri ketika memanah yang dilakukan di Timur Tengah.

 

Teknik Berdiri Dalam Olahraga Memanah

#1 – Berdiri Dengan Posisi Menyamping

Posisi pada teknik ini adalah berdiri dengan menyamping dimana sasaran sejajar dengan bahu kiri.

#2 – Berdiri Dengan Posisi Frontal

Sasaran pada teknik berdiri ini diletakkan tepat di tengah kedua mata.

Kedua kaki pemanah berjarak selebar telapak tangan di pemanah.

#3 – Berdiri Dengan Posisi Pertengahan

Posisi pemanah pada teknik ini antara menyamping dan frontal, yang mana sasaran disejajarkan dengan mata kiri dan kedua kaki pemanah jaraknya selebar satu jengkal.

 

Penggunaan Teknik Berdiri Dalam Memanah

Kita perlu mempelajari dan menguasai ketiga teknik ini. Tujuannya ialah supaya kita bisa menghadapi kondisi dan situasi yang tidak terduga, sehingga tetap bisa memanah dalam posisi yang benar.

– Teknik berdiri menyamping cocok bagi seseorang yang sedang mendaki bukit atau tanah yang tinggi.

Karena kedua kakinya akan sesuai dengan medannya yang menanjak. Jika ia tergelincir, maka ia masih bisa bertumpu pada kaki kanannya.

– Teknik berdiri dengan frontal cocok untuk membidik target jarak dekat dengan busur yang lemah, karena akan memberikan akurasi yang tepat.

– Teknik berdiri posisi pertengahan cocok untuk kondisi peperangan dan Berburu.

Ketika dalam keadaan perang, teknik ini cocok Karena dapat memberikan proteksi yang baik dan lebih leluasa dalam penggunaan perisai.

Sedangkan untuk kondisi berburu akan memudahkan persembunyian.

Demikian beberapa teknik dan cara berdiri ketika memanah, semoga kamu bisa cepat menguasai olahraga yang satu ini yah. 😀 Selamat berlatih

Leave a Comment