alat panahan

Berbagai Jenis Perlengkapan dan Peralatan yang Digunakan Dalam Olahraga Panahan

In Uncategorized by Vee0 Comments

Memanah, memang merupakan salah satu cabang olahraga yang seru dan mengasyikkan.

Olahraga yang satu ini, adalah salah satu aktifitas yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi, dan penalaran yang sangat baik.

Selain golf yang termasuk ke dalam olahraga ketepatan, panahan juga termasuk salah satu diantaranya.

Yang mana di dalam olahraga yang satu ini, sang pemanah harus bisa menembak papan sasaran seakurat mungkin.

Nah, untuk melakukannya, sang pemanah mempunyai jam terbang dan latihan yang cukup, serta harus rajin berlatih juga untuk bisa menembak sasaran dengan tepat.

Bukan hanya skill saja yang dibutuhkan dalam olahraga yang satu ini.

Mempunyai berbagai peralatan pendukung yang mumpuni pun, juga menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan tepat atau tidaknya tembakan tersebut.

Berikut ini beberapa peralatan memanah yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan untuk bisa terjun dalam olahraga yang satu ini, diantaranya:

 

Peralatan Memanah yang Dibutuhkan Dalam Olahraga Panahan

#1. Busur – Panah – Bow

Alat memanah pertama yang wajib dimiliki oleh seorang calon pemanah adalah, busur atau panahan, biasa disebut juga dengan bow.

Kenapa busur menjadi hal pertama yang dibutuhkan? Selain karena busur menjadi alat panah yang utama, busur jugalah yang menentukan pemilihan anak panahnya yang seperti apa.

Karena, anak panah dan busurnya harus serasi. Kalau tidak, setiap tembakan yang dilepaskan, tak akan bisa mengenai dengan tepat sasaran yang telah ditentukan.

Saat ini, umumnya di komunitas para pemanah, hanya ada 2 jenis busur utama yang bisa Anda gunakan, yaitu single piece bow dan recurve bow.

Saran terbaik dari kami ketika Anda memilih busur, pilihlah busur fiberglass, atau busur yang sudah dilaminasi (busur yang sudah diberikan pelapis khusus).

Selain itu, pilih juga busur yang akurasinya center shoot, dan memiliki kapabilitas working recurve (bisa dibongkar pasang).

Nah, busur dengan desain recurve bow, saat ini lebih disukai, selain karena lebih mudah untuk disimpan, busur yang satu ini juga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Untuk para pemula, recurve bow juga memiliki keuntungan lainnya apabila dibandingkan dengan yang single piece.

Selain karena bisa lebih mempermudah mengganti perangkatnya kalau semisal  suatu saat ada yang rusak, akan lebih murah juga ketika mengganti perangkatnya, karena tidak perlu mengganti keseluruhan bagiannya.

Berikut beberapa perangkat yang terdapat pada recurve bow, diantaranya:

  • Riser – Pegangan utama busur, sebagai tempat diletakkannya limb dan aksesoris lainnya.
  • Grip – Bagian tempat yang digunakan untuk memegang busur.
  • Sight – Peralatan vision yang digunakan untuk memperoleh bidikan yang lebih akurat.
  • Stabilizer – Alat yang digunakan sebagai pengatur keseimbangan busur, dan juga menahan getaran ketika menembak.
  • Arrow rest – Tempat meletakkan anak panah pada bagian depang, biasanya terbuat dari  plastik, atau besi.
  • String groove – Sebuah tempat dimana lekukan tali busur (string) dikaitkan.
  • Sight window – Aksesoris tambahan yang digunakan sebagai alat bantu visual untuk membidik target.
  • Limb tip String – Berfungsi sebagai alat yang mentransfer energi dari tangan sang pemanah ke limb, atau dari limb ke anak panah. Bahanya terbuat dari material sintetis, contohnya seperti kevlar.
  • Center serving Nock point – Tempat di bagian tali busur, lokasi anak panah diletakkan, biasanya menggunakan besi yang sudah di desain khusus, atau bisa juga dengan lilitan benang.
  • Limb – Fungsi utamanya adalag menyimpan energi pegas pada sebuah busur. Pada busur saat ini yang lebih modern, limb bisa dengan mudah dibongkar pasang, baik itu untuk disimpan ataupun untuk ditukar. Sementara untuk busur dengan produksi yang lokal, biasanya akan memberikan dampak performa yang kurang bagus, kalau terlalu sering dibongkar pasang.

Yang perlu diperhatikan pula ketika membeli busur adalah, draw weight dan length pada busurnya.

Lebih tepatnya, tingkat kekuatan tarikan, dan panjang tali busur yang digunakan.

Draw weight yang paling baik untuk Anda yang masih pemula adalah, 15 – 25 pound.

Sedangkan untuk length-nya, supaya tali lebih stabil, dianjurkan untuk tidak menggunakan busur yang kurang dari 58 #.

Untuk Anda yang memiliki lengan yang panjang, pastinya akan lebih tepat kalau menggunakan busur dan tali yang panjang pula, serta tarikan yang cukup kuat.

Begitupun sebaliknya.

Brikut beberapa rekomendasi ukuran panjang busur yang disarankan untuk Anda yang ingin memilih panahan yang tepat, diantaranya:

  • Ukuran 60-64” , dengan draw 24” pound atau kurang
  • Ukuran 65-66”, dengan draw 25-26” pound
  • Ukuran 67-68”, dengan draw 27-28” pound
  • Ukuran 69-70”, dengan draw 29” pound atau lebih

 

#2. Tali Busur – Bow String

Untuk Anda yang masih baru memulai belajar, atau bisa dibilang pemanah pemula, ada baiknya Anda menggunakan string yang terbuat dari Dacron saja, dengan serving center yang berbahan dasar dari nilon, atau lebih dikenal juga dengan mulfilament nylon serving thread.

Kenapa harus menggunakan string tersebut?

Yup, karena string pada umumnya, bahan yang digunakan tidak bisa fleksibel. Yakni membutuhkan teknik khusus untuk menggunakannnya.

Hal ini dikarenakan string pada umumnya, seluruh bahan talinya terbuat dari monofilament nylon yang dapat membuat jari-jari sakit, dan menimbulkan masalah teknis lainnya.

Karena itulah string dengan bahan monofilament tidak dianjurkan bagi pemula.

Sedangkan yang dacron, hanya bagian servingcenter-nya saja yang menggunakan bahan monofilament nylon, sehingga tidak akan memberatkan Anda ketika pertama kali mencoba.

Nomor atau jalinan stand dalam string sebaiknya sebagai berikut.

  • 8 untuk busur yang berukuran sampai 20 #
  • 10 untuk busur yang berukuran antara 20 – 35 #
  • 12 untuk busur yang berukuran antara 35 – 45#
  • 14 untuk busur yang berukuran antara 45 – 55#

Panjang dari string pada busur, pastinya menentukan langsung tinggi dari string itu sendiri.

Nah, untuk busur yang lurus, atau biasa disebut juga dengan straight bow, tinggi string yang diperlukan biasanya berukuran antara 6 – 8 “.

Sedangkan busur yang biasanya digunakan untuk para pemula adalah, semi recurry bow, atau panah dengan limb yang melengkung.

Untuk jenis yang satu ini, biasanya ukuran yang digunakan membutuhkan tinggi string sekitar 6”.

Kalau misalnya Anda memiliki lebih dari satu busur, dan salah satunya memiliki fitur working recurry, maka saran terbaik dari kita adalah menggunakannya pada tarikan range string 4 – 4,5”, yakni lebih pendek daripada busurnya.

 

#3. Arrow – Anak Panah

Dalam dunia seni memanah, anak panah merupakan salah satu peralatan pokok yang wajib dimiliki, yaa kalau tidak, bagaimana bisa melakukan olahraga yang satu ini?

Di komunitas para pemanah, biasanya hanya ada 3 jenis anak panah yang sering digunakan dalam olahraga panahan, yakni yang terbuat dari bahan kayu, fiberglass, dan alumunium.

Pada dasarnya setiap jenis anak panah memiliki bentuk yang sama.

Tetapi pada penerapannya berbeda-beda, yaa tidak lain karena setiap anak panah juga memiliki karakteristiknya masing-masing.

Selain itu, setiap desain anak panah juga berbeda-beda, sehingga hasil akhirnya pun juga bisa berbeda-beda, walaupun menggunakan satu busur yang sama.

 

Cara Memilih Anak Panah yang Tepat

Nah, dalam memilih sebuah anak panah, ukuran shaft (batangan pada anak panah) dan busur yang digunakan harus dipertimbangkan baik-baik, supaya efektifitas penggunaannya bisa lebih maksimal.

Untuk menentukannya, Anda bisa melihat kembali kapabilitas masing-masing.

Karena setiap draw (kekuatan tarikan tali pada olahraga memanah) dari sang penembaklah yang akan menentukan, mana ukuran shaft yang terbaik untuk digunakan.

Kenapa seperti itu? Karena ukuran dari panjang sebuah shaft, sangat menentukan  ukuran dari anak panah itu sendiri.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara menentukan draw yang sesuai dengan personal masing-masing?

Cara menentukannya mudah kok. Pertama-tama, siapkan sebuah anak panah yang sudah ditandai dalam ukuran inchi.

Untuk kamu yang baru pertama, saran terbaik dari kami adalah memilih panjang anak panah berdasarkan ukuran drawnya (tarikan dalam memanah), dengan ukuran yang 1 inchi lebih panjang daripada ujung limb busurnya.

Kalau panjangnya sudah ditentukan, barulah Anda bisa memilih ukuran anak panah yang tepat sesuai dengan personalitas masing- masing.

 

Cara Memilih Busur yang Sesuai

Sedangkan untuk memilih berat busur yang tepat, Anda bisa melakukannya dengan cara melihat manufacture  spine arrow (kemungkinan berputarnya anak panah dikarenakan ada sebuah dorongan yang berlebih) yang diinginkan.

Kalau memang diperlukan, saran kami sebelum Anda membeli sebuah anak panah, adalah mencobanya.

Tapi kalau memang Anda sudah cukup paham dan memiliki jam terbang yang tinggi, maka hanya dengan  melihatnya saja, sudah dijamin bisa menentukan mana yang akan sesuai

Selain itu, semakin banyak Anda memiliki anak panah yang berbeda, maka secara tidak langsung, Anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang bisa didapatkan.

Apalagi saat ini, sudah tidak sedikit lagi para pemanah, yang memiliki berbagai koleksi anak panah, dengan beragam jenis, panjang dan ukuran.

 

Jenis-jenis Anak Panah

#1. Arrow Wood

Jenis anak panah yang paling mudah ditemukan di sekitar kita adalah jenis anak panah yang terbuat dari kayu.

Anak panah dari kayu, biasanya digunakan oleh para pemburu untuk melakukan aktifitasnya ketika sedang beraksi di hutan.

Tetapi seringkali, anak panah dengan jenis yang satu ini kerap digunakan hanya untuk 1 musim saja, dan tidak jarang pula hilang ketika digunakan saat menembak buruan.

Selain itu di beberapa negara, memang melarang  adanya penggunaan anak panah yang terbuat dari alumunium , ataupun fiberglass untuk keperluan berburu.

Diluar semua itu, anak panah yang satu ini memang memiliki kualitas yang kurang, apabila dibandingkan dengan bahan dari kualitas yang lainnya.

Sebabnya adalah karena tidak tahan lama, karena mudah diserang oleh rayap, terutama kalau disimpan di tempat- tempat yang lembap.

 

#2. Fiberglass Arrow 

Buat Anda yang merasa masih pemula, jenis anak panah dengan bahan yang satu ini memang merupakan pilihan yang paling tepat  untuk digunakan, serta karena harganya juga yang tidak terlalu mahal.

Jenis anak panah dengan bahan fiberglass memang tidak melengkung (*baca: fleksibel berbengkok ketika terkena kekuatan yang besar), tetapi bisa patah juga kalau semisal mendapatkan tekanan, ataupun kekuatan yang terlalu besar.

Selain itu, untuk Anda yang hanya melakukan olahraga panahan hanya sekedar di waktu luang saja, atau part time. Anak panah dengan bahan fiberglass, akan menjadi pilihan yang bagus, karena lebih tahan lama dari segi materialnya.

Tetapi untuk pengecualian target shooting, anak panah dengan bahan yang satu ini memiliki beban yang lebih berat daripada  alumunium.

Sehingga untuk pemanah, akan lebih sulit untuk mengontrolnya ketika digunakan untuk menembak jarak yang jauh.

 

#3. Aluminium Arrow 

Nah, jenis anak panah dengan bahan aluminium, dinilai sebagai jenis anak panah terbaik apabila dibandingkan dengan kedua jenis anak panah lainnya.

Untuk sedikit catatan, jenis anak panah ini pula yang biasanya digunakan untuk keperluan kompetisi pada turnamen- turnamen memanah, baik itu yang Nasional, maupun yang kelas Internasional.

Karakteristik anak panah ini dapat menyesuaikan terhadap gaya draw (fleksibel), tetapi bisa diluruskan kembali kalaiu semisalnya melengkung, dengan catatan tidak ada bekas tekanan pada anak panahnya.

Sedangkan untuk desain fletching-nya (bagian penyeimbang pada anak panah – bulu panahan) sendiri, Anda bisa memiilihnya sesuai dengan selera.

Biasanya, fletching dengan bahan bulu merupakan pilihan terbaik untuk para pemanah indoor, maupun pemanah yang masih pemula.

Selain yang terbuat dari bulu, adapula fletching yang berbahan dasar dari plastik.

Nah untuk kulitasnya, yang berbahan plastik pun juga cukup bagus. Disamping itu, juga lebih tahan lama, dikarenakan tidak mudah rusak meskipun terkena air, hujan, ataupun tanah.

 

#4. Aksesoris Tambahan Untuk Perlengkapan Memanah

Setelah mengetahui alat-alat memanah yang wajib dimiliki, diantaranya juga terdapat beberapa aksesoris tambahan yang bisa digunakan pada busur panahan, berikut beberapa alat panahannya:

 

#1. Arrow rest

Mayoritas dari Arrow rest,  umumnya sudah memiliki beberapa jenis tingkatan yang berbeda pada pressure point-nya.

Yang mana pada umumnya, arrow rest sudah satu paket dengan busur ketika anda membelinya.

Tetapi kalau semisal tidak ada, itu kembali kepada keputusan Anda, apakah harus menambahkannya atau tidak.

Saran kita adalah menambahkannya, karena aksesoris yang satu ini cukup penting pada olahraga panahan, gunanya adalah untuk menahan mata anak panah yang akan ditembakkan.

Tetapi apabila Anda menginginkan yang lebih pro, Anda juga bisa membeli adhesive back arrow rest, perbedaannya hanyalah bisa dibongkar pasang dengan busurnya.

 

#2. Bow Sight

Untuk pemula, pastinya feeling yang dirasakan akan berbeda bukan dengan para pemanah yang sudah pro, dan memiliki jam terbang yang cukup tinggi?

Nah, supaya bisa memudahkan para pemula, dan bisa menyamai para pemanah pro, aksesoris yang satu ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda.

Kalau tidak bisa menyamainya, yaa minimal bisa lah menembak sasaran tanpa meleset ke luar target. Wkwk

Fungsi utama dari bow sight adalah, memberikan perkiraan arah anak panah yang akan ditembakkan.

Kurang lebih fungsinya sama seperti scoop pada sniper.

Selain itu, bow sight juga akan membantu kamu untuk melihat tingkat datar atau tidaknya panah yang sedang Anda gunakan.

Yang mana akan sangat membantu bukan untuk Anda yang masih baru coba-coba, atau bisa dibilang pemula? Hihi

 

#3. Kisser Button

Fungsi umumnya, kisser button digunakan untuk merasakan tali busur melalui ujung bibir sang pemanah.

Kalau mengutip kata- kata bijak, “seseorang harus mempunyai rasa cinta terhadap barang yang digunakannya”. *Asiik

Kisser button yang dijual pada umumnya, terbuat dari karet atau plastik khusus yang memiliki daya tahan ekstra, sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Aksesoris kisser button yang memiliki ukuran besar, kalau ingin digunakan dalam turnamen, maka ukurannya harus diperkecil supaya bisa memenuhi peraturan kompetisi.

Selain itu, kalau Anda ingin mencoba kisser button tanpa harus membelinya, Anda bisa mencoba membuatnya dengan cara memotong ban kendaraan, supaya lebih steril, yang bagian dalam yaa.

Nah, untuk lubang string-nya, Anda dapat membuatnya menggunakan jepit rambut, ataupun alat tajam lainnya yang bisa diguanakan untuk melubangi ban tersebut.

Kemudian baru lah dimasukkan ke dalam string busurnya melalui lubang yang telah diuat sebelumnya.

 

#4. Archery Bow Level

Manfaat dari aksesoris level yang satu ini berfungsi sebagai indikator alat untuk memeriksa, apakah posisi busurnya vertical atau tidak.

Kalau memang tidak, berarti busur tersebut tidak bisa digunakan dalam untuk berkompetisi di dalam turnamen.

 

#5. Nock Locator

Aksesoris yang satu ini, umumnya sudah berada satu paket ketika Anda sudah memiliki satu set peralatan memanah.

Yup, fungsinya cukup penting dalam aktifitas olahraga yang satu ini, lebih tepatnya berfungsi sebagai tempat berpijak bagian belakan anak panah.

Perlengkapan aksesoris yang satu ini sih cukup simpel, hanya dengan menggunakan dental floss (tali yang digunakan untuk membersihkan gigi), maka nock locator yang diperluakan sudah bisa digunakan.

Kalau Anda menginginkan kualitas nock locator yang lebih baik, maka Anda bisa menggunakan metal nock locator.

Yaa walaupun harganya cukup mahal. Tetapi kulitas yangdiberikan sangat bagus hasilnya.

Aksesoris yang satu ini, letaknya menempel pada string, dan ditempelkan langsung dengan talinya menggunakan alat khusus.

 

#6. Pressure Button

Pressure button, adalah suatu aksesoris yang digunakan untuk memperoleh tingkat kecepetan terbang sebuah anak panah pada tingkatan yang maksimal.

Aksesoris pressure button, atau yang lebih dikenal juga dengan nama cushion plunger adalah sebuah tombol pegas dengan sekrup yang memungkinkan Anda untuk melepaskan anak panah sesuai dengan apa yang Anda arahkan.

Supaya lebih paham dengan fungsi dari aksesoris yang satu ini, Anda bisa menyimak sedikit ulasan tentang pressure button pada video berikut.

 

#7. Stabilizer

Seperti namanya, stabilizer pada aksesoris panahan memiliki fungsi untuk menyeimbangkan busur yang digunakan ketika hendak memanah.

Kurang lebih teknisnya, ketika seorang pemanah mengangkat busurnya, maka akan membutuhkan sense khusus untuk membidik target supaya tepat sasaran.

Nah, dengan adanya stabilizer, ketika busur diangkat, maka stabilizer akan menyeimbangkan tingkat vertical sebuah panah supaya bidikan lebih akurat.

Kalau kamu membeli satu set perlengkapan memanah yang lengkap, biasanya stabilizer sudah termasuk menjadi salah satu aksesoris yang sudah ada di dalamnya.

 

#8. String Peep

Pada dasarnya, kurang lebih aksesoris yang satu ini digunakan sebagai peralatan yang bisa membantu untuk mengukur tingkat lurus atau tidaknya sebuah string.

Tetapi, aksesoris yang satu ini tidak wajib kok untuk dimiliki, apalagi  kalau Anda hanya  sekedar coba-coba sja.

Sebabnya, di dalam turnamen pun aksesoris yang satu ini tidak digunakan.

Tetapi kalau Anda ingin mendalami seni memanah sebagai salah satu hobi yang akan terus dikembangkan, maka saran dari kami, Anda harus memilikinya.

 

#9.  Aksesories Lainnya

Terdapat beberapa aksesori tambahan lainnya yang biasa digunakan dalam olahraga panahan, tetapi kalau dalam dunia panahan, hukumnya sunnah untuk dimiliki. 😀

Diantaranya ada arm guard (peralatan yang digunakan untuk melindungi tangan dari jepretan tali busur), glove (satung tangan khusus untuk memanah, supaya jari tidak terluka), sling (perlengkapan yang digunakan untuk membuat busur tidak meleset ketika digunakan), dan masih banyak aksesoris lainnya.

Seperti itulah kira-kira beberapa perlengkapan dasar yang biasanya digunakan dalam olahraga panahan.

Jika Anda memang berniat untuk mencoba olahraga ini dan menjadikannya sebagai hobi, maka alat-alat dan beragam aksesori tadi perlu Anda miliki.

Semoga bermanfaat. #Keep calm and stay play Archery

Leave a Comment